Yesaya 1:11-17
Konteks1:11 "Untuk apa itu korbanmu 1 yang banyak-banyak?" firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan korban-korban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu s gemukan; darah lembu jantan t dan domba-domba dan kambing jantan u tidak Kusukai. v 1:12 Apabila kamu datang untuk menghadap di hadirat-Ku, siapakah yang menuntut itu dari padamu, w bahwa kamu menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku? 1:13 Jangan lagi membawa persembahanmu x yang tidak sungguh, sebab baunya y adalah kejijikan z bagi-Ku. Kalau kamu merayakan bulan baru a dan sabat atau mengadakan pertemuan-pertemuan, b Aku tidak tahan melihatnya, karena perayaanmu itu penuh kejahatan. 1:14 Perayaan-perayaan bulan barumu c dan pertemuan-pertemuanmu d yang tetap, Aku benci e melihatnya; semuanya itu menjadi beban bagi-Ku, f Aku telah payah g menanggungnya. 1:15 Apabila kamu menadahkan tanganmu h untuk berdoa, Aku akan memalingkan i muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya 2 , j sebab tanganmu k penuh dengan darah. l 1:16 Basuhlah, m bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. n Berhentilah berbuat jahat, o 1:17 belajarlah berbuat baik; p usahakanlah keadilan, q kendalikanlah orang kejam; r belalah hak anak-anak yatim, s perjuangkanlah perkara janda-janda! t
Hosea 6:6
Konteks6:6 Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, y dan menyukai pengenalan z akan Allah 3 , lebih dari pada korban-korban bakaran. a
Mikha 6:6-8
Konteks6:6 "Dengan apakah aku akan pergi menghadap c TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan korban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun? d 6:7 Berkenankah TUHAN kepada ribuan domba jantan, e kepada puluhan ribu curahan minyak? f Akan kupersembahkankah anak sulungku g karena pelanggaranku dan buah kandunganku karena dosaku h sendiri?" 6:8 "Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu 4 : selain berlaku adil, i mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati j di hadapan Allahmu? k "
[1:11] 1 Full Life : UNTUK APA ITU KORBANMU.
Nas : Yes 1:11
Yesaya menyalahkan umat itu karena ikut melakukan perbuatan jahat dan ketidakadilan (ayat Yes 1:16-17), sambil terus membawa persembahan dan korban kepada Allah serta berdoa dan beribadah kepada Dia. Ibadah dan pujian menjadi sesuatu yang keji bagi Dia jikalau hati kita tidak benar-benar setia kepada-Nya dan jalan-jalan-Nya yang kudus (bd. Yes 66:3; Yer 7:21-26; Hos 6:6; Am 5:21-24; Mi 6:6-8).
[1:15] 2 Full Life : AKU TIDAK AKAN MENDENGARKANNYA.
Nas : Yes 1:15
Dosa di dalam kehidupan kita akan menyebabkan Allah berpaling dari doa-doa kita
(lihat cat. --> Yak 4:3;
lihat cat. --> 1Yoh 3:22;
[atau ref. Yak 4:3; 1Yoh 3:22]
lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).
[6:6] 3 Full Life : AKU MENYUKAI KASIH SETIA ... PENGENALAN AKAN ALLAH.
Nas : Hos 6:6
Yang sungguh-sungguh diminta Allah dari umat-Nya ialah "kasih setia" (Ibr. _hesed_; bd.
lihat cat. --> Hos 6:4 sebelumnya),
[atau ref. Hos 6:4]
yaitu kasih yang kokoh dan setia selaku tanggapan terhadap kasih-Nya; Ia juga mengharapkan pengenalan pribadi akan diri-Nya sebagai Tuhan atas kehidupan mereka. Allah menghendaki hal yang sama dari kita.
[6:8] 4 Full Life : APAKAH YANG DITUNTUT TUHAN DARI PADAMU?
Nas : Mi 6:8
Mikha memberikan definisi lipat tiga mengenai standar kebaikan menurut Allah dan apa yang diperlukan dalam pengabdian kita kepada-Nya:
- (1) kita harus bertindak dengan adil, yaitu tidak memihak dan jujur dalam memperlakukan sesama (bd. Mat 7:12);
- (2) kita harus mengasihi kemurahan hati, yaitu, menunjukkan belas kasihan sejati dan kebaikan kepada mereka yang memerlukan bantuan;
- (3) kita harus hidup dengan rendah hati di hadapan Allah, yaitu
setiap hari merendahkan diri di hadapan-Nya dalam ketakutan dan
kehormatan kepada kehendak-Nya (bd. Yak 4:6-10; 1Pet 5:5-6).
Ibadah umum hanya merupakan bagian kecil dari seluruh pengabdian kita
kepada Kristus. Kasih yang sungguh-sungguh kepada Tuhan harus terungkap
dalam kepedulian tak berkeputusan kepada mereka yang kekurangan
(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).